Virus Corona Berpotensi Pukul Industri Pariwisata

Written by Bong on December 21, 2020 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Besarnya dampak pembatasan kegiatan pariwisata terhadap perekonomian daerah membuat sejumlah wilayah mulai bersiap untuk membuka kembali aktivitas di sektor tersebut. Kondisi ini disinyalir terjadi akibat anjloknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali, baik dari dalam pun luar negeri. Sebagai pengingat, virus korona telah menyebar di luar Indonesia sejak akhir 2019, dan membuat sejumlah negara mulai membatasi kegiatan antarorang sejak awal 2020. Di tahun 2017 saat pemerintahan Jokowi-JK memasuki tiga tahun sektor pariwisata menempati urutan kedua untuk urusan penyumbang devisa bagi negara setelah sektor migas.

Indonesia memiliki potensi seni rupa terbesar di Asia Tenggara baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas, serta potensi pasar. Riyanto yang juga merupakan pemilik hotel sofyan ini pun mengungkapkan rasa senang sebab pariwisata ramah muslim mulai mendapat perhatian dari berbagai pihak. Inilah yang membuat dirinya optimis wisata ramah muslim berpotensi ke depannya terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Ketika semua sumber pertumbuhan tak mampu lagi dioptimalkan untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi yang stagnan di stage 5%, sektor pariwisata menjadi tumpuan harapan. Ikut juga menjadi penguat optimisme bangsa akan masa depan ekonomi yang lebih baik adalah industri kreatif. Kedua sektor ini mampu membuka lapangan kerja yang cukup luas dan mendorong pertumbuhan ekonomi jika dikelola dengan lebih baik.

KEK Batam Aero Technic seluas 30 ha memiliki goal investasi sebesar Rp 7,2 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja. Pilkades serentak yang akan digelar di 217 desa nanti harus mematuhi protokol kesehatan. Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan upaya tersebut dilakukan karena kontestasi pemilihan kepala desa berpotensi menimbulkan kerumunan, sehingga dikhawatirkan terjadi outbreak Covid-19.

PPh Pasal 25 adalah Wajib Pajak baik orang pribadi maupun badan yang memiliki kegiatan usaha diwajibkan membayar angsuran Pajak Penghasilan setiap bulannya. Pengembangan produk dengan alasan Financial Goals dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin mencapai finansial yang telah ditargetkan. Pengembangan produk dapat meningkatkan nilai yang terkandung dalam produk dibanding dengan produk sebelumnya yang belum dikembangkan. Maka, semakin produk itu berkembang, maka nilai produk tersebut akan bertambah. Hal itu akan memperbesar kemungkinan perusahaan dalam mencapai finansial yang ditargetkan. Mengidentifikasi kepemimpinan untuk menjaga keberlangsungan dari ekonomi kreatif, termasuk dengan melibatkan unsur birokrasi sebagai bagian dari management dan facilitator.

Dari sisi wisatawan, mereka akan merasa lebih tertarik untuk berkunjung ke daerah wisata yang memiliki produk khas untuk kemudian dibawa pulang sebagai memento. Di sisi lain, produk-produk kreatif tersebut secara tidak langsung akan melibatkan particular person dan pengusaha enterprise bersentuhan dengan sektor budaya. Persentuhan tersebut akan membawa dampak positif pada upaya pelestarian budaya dan sekaligus peningkatan ekonomi serta estetika lokasi wisata. Contoh bentuk pengembangan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata dapat dilihat pada Tabel 1.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Angka ini turun 4,9 persen dibandingkan kuartal I 2018 yang sebesar Rp 185,three triliun. Perkembangan Teknologi saat ini dengan menggunakan perangkat lunak sangat membantu para pengusaha atau pegiat bisnis untuk dapat meningatkan keuntungan selain itu juga meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran pengeluaran. Bisnis penjualan oleh-oleh hampir selalu ditemui di daerah dekat tempat wisata. Beberapa oleh-oleh yang cukup laris manis adalah memento, kerajinan khas daerah setempat, kaos atau busana yang bercorak atau bergambar tempat wisata setempat.

Keadaan demikian mendorong bisnis di seluruh sektor perjalanan dan wisata, termasuk jasa transportasi, penginapan, hiburan, dan restoran, terpukul keras. Pengaruh virus corona terhadap unit usaha kerajinan dari kayu dan rotan, usaha mikro akan berada di angka 17,03%. Untuk usaha kecil di sektor kerajinan kayu dan rotan 1,77% dan usaha menengah 0,01%. Sementara itu, konsumsi rumah tangga juga akan terkoreksi antara zero,5% hingga zero,8%.

Tidak berhenti di situ, potensi wisata Purworejo juga mencakup wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah . Menurut Lestari, industri pariwisata nasional terkena Bola Online dampak luar biasa akibat pandemi Covid-19. Dalam pada itu, ekonomi kreatif di Indonesia berpotensi besar untuk mengerek pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 7%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *