Upadate Keadaan Pariwisata Bali Saat Ini

Written by Bong on December 22, 2020 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Di sektor pariwisata, Kemenparekraf memanfaatkan teknologi untuk memajukan dan mengendalikan income dari pariwisata Indonesia dengan memastikan bahwa setiap aset pariwisata Indonesia terjamin kebersihan, keamanan, dan kenyamanannya. Hal ini dilakukan agar turis yang berwisata tidak perlu khawatir terhadap sektor pariwisata Indonesia. Selain itu, salah satu pemanfaatan teknologi di sektor pariwisata adalah melakukan digital tourism. Pemerintah harus fokus terlebih dahulu pada penurunan harga tiket pesawat agar kompetisi pariwisata di Tanah Air jauh lebih menarik dibandingkan dengan luar negeri. Sebab, kata dia, permasalahan Indonesia selama ini adalah harga tiket pesawat domestik yang justru jauh lebih mahal dibandingkan tiket internasional. Penurunan okupansi juga mulai terasa di Hotel Horison Ultima Seminyak, Bali sejak awal Februari.

Bagaimana keadaan pariwisata Indonesia

Batal dibuka kembali untuk wisatawan asing per eleven September 2020, maka pemandu-pemandu Bali khusus tamu asing pun terpaksa gigt jari.D, 37 tahun, pemandu khusus tamu Mandarin, misalnya, tak melayani tamu satu pun sejak Maret 2020. Dan meskipun Bali perlahan sudah didatangi banyak tamu domestik sejak dibuka kembali 31 Juli 2020, “Dari pengamatan saya, sejauh ini kondisi masih sangat sepi, tarutama daerah Kuta. Beberapa mal pun masih beroperasi hingga jam 8 Deposit Pulsa Tanpa Potongan atau eight.30 malam saja,” jelasnya. Sementara itu, Sekertaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan bahwa saat ini pemerintah sudah melakukan komunikasi dengan para pemangku kebijakan untuk bisa mengatasi masalah yang timbul akibat virus corona. Namun begitu, Dahlia tetap mengkhawatirkan adanya dampak jangka panjang dari virus corona dan penutupan penerbangan dari dan ke China.

Pesatnya perkembangan pariwisata tidak terlepas dari suksesnya strategi pembangunan keempat pilar kepariwisataan yaitu destinasi, pemasaran, kelembagaan/sumber daya manusia dan industri secara terpadu dan terintegrasi. Untuk mendukung pemerintah di dalam pembangunan kepariwisataan Indonesia, Estepers mengambil peran strategis untuk mencapai target tersebut. Di tahun ke lima ini Estepers sebagai forum dari alumni Sekolah Pariwisata Bali yang pada tanggal 18 Oktober yang lalu berubah menjadi Politeknik Pariwisata Bali.

Lantaran kondisi pandemi, promosi lebih banyak dilakukan melalui digital dan media sosial. Strategi ini dapat dilakukan dengan mendesain siistem manajemen operasiindustri pariwisata. Dalamoperation administration systemdi industri pariwisata perlu memperhatikan beberapa elemen penting yaituinput,process,outputdanoutcome. Nilai kerugian akibat Covid-19 tentu saja jika dinilai dengan rupiah secara nasional sangat besar.

Berkolaborasi dengan lebih dari 20 mitra, program ini telah menarik lebih dari 36,000 pengguna sejak diluncurkan di Juli 2020. Sejak diangkat Presiden Jokowi, Sandiaga Uno mendapat amanat khusus untuk fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia yakniDanau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Meski demikian, Sandiaga menyadari betul bahwa perlu adanya pemulihan yang seimbang dan simultan antara kesehatan dan persiapan bangkitnya ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari pilar ekonomi untuk melanjutkan ekonomi nasional. Amerika Serikat memberlakukan larangan masuk dan melakukan perjalanan selama 30 hari hanya untuk orang-orang yang berasal dari Eropa. Namun, larangan itu tidak berlaku bagi warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Eropa dan sudah dites negatif virus corona. Setelah lama menunda untuk melindungi sektor pariwisata, Thailand akhirnya menutup perbatasannya pada hari Kamis .

Penetapan standing gawat darurat itu langsung menimbulkan reaksi pemerintah dari pelbagai negara untuk menutup penerbangan dari dan menuju ke China. Padahal, masyarakat sudah mulai khawatir akan masifnya penyebaran virus corona. Berbagai sektor industri mengalami dampak buruk karena Pandemi Covid-19. Khusus di sektor pariwisata, bahkan diprediksi akan menjadi industri yang terakhir pulih. Hal itu disebabkan karena adanya pembatasan aktifitas individu hingga penutupan sejumlah negara dengan serangkaian kebijakan tarik ulur dalam penanganan pandemi Covid 19. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang babak belur akibat pandemi Covid-19.

Berbeda dengan daerah lain, menurutnya masyarakat di kawasan Kuta, Bali, tidak memiliki lahan pertanian sehingga masyarakat setempat sangat dalam kondisi tertekan. Ia menegaskan, kondisi pariwisata dan ekonomi yang lesu di Kecamatan Kuta tersebut menjadi prioritas penanganan oleh Kemenparekraf dan berkomitmen untuk meningkatkan lapangan pekerjaan di Kecamatan Kuta. Machfiyah, Apt, selaku Pendiri PT Aulia Citra Lestari memaparkan, “Produk utama kami merupakan haircare; berhubungan erat dengan perawatan di salon sehingga keadaan pandemi sangat mempengaruhi usaha kami. Kami terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk yang mendukung perubahan aktivitas dan pola hidup konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *