Sambut Work From Bali, Biznet Dukung Pemulihan Pariwisata

Written by Bong on January 5, 2021 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Tidak dipungkiri masih terdapat destinasi wisata yang kurang memiliki fasilitas memadai. Dengan konsep ‘The New Normal’ yang akan berlaku, kebutuhan dasar pariwisata seperti failitas rest room umum yang bersih, aspek kebersihan, hingga keselamatan pariwisata akan ditingkatkan sehingga dapat menciptakan healthy touring yang dapat membuat wisatawan nyaman. Banyaknya penghargaan pariwisata yang telah diraih ini diharapkan bisa menjadi pendorong masyarakat Bola Online dan pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan sekaligus melindungi wisata yang telah dimiliki Indonesia. Baik dari aspek wisata alam, sektor terkait seperti akomodasi dan transportasi, pemberdayaan manusia, hingga kreasi masyarakat, dapat menjadi modal untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia. Sebelumnya Ketua Hipmi Bali, Pade Agus Permana Widura sependapat pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara perlu bernegosisiasi ke pusat sehingga izin bisa dikeluarkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini pihaknya menggenjot kunjungan pariwisata domestik antara lain melalui program Bangga Berwisata di Indonesia. Dia menyatakan, ada 55 juta warga Negara Indonesia kelas menengah di Indonesia yang sangat potensial digarap untuk bisa berwisata di dalam negeri. Founder & CEO Haitraveller ini juga mengajak seluruh insan pariwisata untuk tetap optimis seraya berharap bantuan dari media massa untuk terus menggaungkan bahwa Indonesia punya objek wisata yang tidak kalah dari luar negeri. “Konsep besarnya jaringan pariwista ini adalah sebagai wadah untuk mengumpulkan seluruh stock komoditas potensi pariwisata di seluruh Indonesia. Untuk langkah awal ini kami uji coba di lima destinasi wisata super prioritas,” paparnya.

Sebagai destinasi wisata premium maka hal-hal yang berhubungan dengan keramahan lingkungan, sebut Aprita, menjadi hal yang mendesak seperti pengurangan penggunaan plastik sekali pakai (botol air minum, kantong plastik, dan lain-lain). Servasius berharap perlu ada diskusi dengan bisnis lokal agar dapat mengurangi harga jual, untuk menarik wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo. Sementara untuk Asita, paparnya, kemungkinan yang menjadi pemenang adalah journey agent yang sudah lama beroperasi, memiliki jaringan luas dan branding yang bagus. PAD Kabupaten Manggarai Barat, jelasnya, sebesar Rp.17,4 miliar pada 2010 dan tahun 2019 meningkat menjadi Rp.169,9 miliar atau terjadi peningkatan 874%.

Pariwisata saat ini

Kembalinya turis dengan karakter lebih hati-hati dan pemilih dalam menentukan destinasi juga akan memengaruhi bagaimana jenis perjalanan yang dilakukan. Jika sebelumnya perjalanan bisnis sering dilakukan akan ada kemungkinan setelah kondisi new regular mereka lebih memilih menggunakan teknologi. Dari sisi proses yang perlu diperhatikan adalah; dukungan kebijakan pemerintah terhadap industri pariwisata, kualiatas layanan inside yang baik , kualitas layanan eksternal yang baik , perbaikan program pemasaran yang terintengrasi dengan melibatanstakeholders.

Gurbernur Provinsi Bali I Wayan Koster mengatakan bahwasannya semenjak 1 April 2020 wisatawan asing yang datang ke Bali dapat dikatakan nol. David melihat peluang yang bisa dilakukan pelaku pariwisata dalam rangka menyambut kembalinya turis dengan memberikan pelatihan kepada staf mengenai protokol higienitas yang baru. Terutama dalam hal budaya ramah tamah yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia seperti berjabat tangan harus disesuaikan kembali mengingat munculnya sensitivitas terhadap sentuhan antarmanusia selama covid-19. Terlebih, dengan strategi-strategi ‘The New Normal’ yang akan diterapkan, hal tersebut menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kunjungan masyarakat untuk melirik objek wisata yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Eddy pun mengatakan bahwa protokol ‘The New Normal’ dapat menjadi nilai tambah dan menjadi poin yang menjual bagi sektor pariwisata sehingga wisatawan akan cendrung memilih datang ke tempat tersebut.

Oleh sebab itu pemerintah Bali akan menyiapkan strategi untuk dapat dengan cepat memulihkan keadaan ekonomi khususnya bidang pariwisata agar dapat kembali normal. Nama baik pariwisata sangat berpengaruh bagi ketertarikan wisatawan asing untuk tetap datang ke Bali pasca pandemi corona ini. Selama ini, masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berlibur ke luar negeri daripada mengunjungi destinasi wisata dalam negeri. Nah, pasca pandemi ini, dengan meningkatnya protokol kesehatan setiap negara terhadap para wisatawan lintas negara, akan memungkinkan membuat masyarakat untuk lebih melirik destinasi wisata domestik yang dimiliki Indonesia.

Bukan hanya kekayaan alam nya saja yang melimpah tetapi kekayaan budaya nya pun melimpah. Indonesia merupakan salah satu negara yang struktur masyarakatnya paling majemuk di dunia. Meskipun terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan agama, kehidupan sosial masyarakat Indonesia tetap damai dan saling menghargai satu sama lain meskipun beda suku, bahasa maupun agama. Keberagaman ini mampu untuk dimaksimalkan masyarakat Indonesia untuk memunculkan suatu budaya lokal khas suatu daerah.

Dari complete anggaran pengembangan pariwisata nasional 2021 sebesar Rp9,9 triliun, sebanyak 87% dialokasikan untuk lima DPSP. Adapun, anggaran tersebut tersebar paling banyak di empat kementerian/lembaga yakni Kementerian PUPR, Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, dan BKPM. Sedangkan, porsi dana alokasi khusus fisik sektor pariwisata untuk pemerintah daerah sebesar Rp629 miliar, 38% dialokasikan untuk lima DPSP. Di samping 10 destinasi wisata superprioritas tersebut, pemerintah juga mendorong pengembangan lima kawasan ekonomi khusus pariwisata untuk menggeliatkan kembali minat wisatawan untuk mengunjungi daerah wisata. Di antaranya adalah KEK Pariwisata Lido, Jawa Barat, dan dua KEK pariwisata di Kawasan Bangka Belitung yang masih dalam proses adalah KEK Sungai Liat dan KEK Tanjung Gunung. Sektor pariwisata adalah industri yang melibatkan berbagai sektor kegiatan ekonomi.

Alam terbuka memungkinkan mereka tetap bisa menjaga jarak fisik dan terhindar dari kerumunan orang, sekaligus bisa menghirup udara segar. Meski belum pulih 100 persen, pariwisata Indonesia dinilai sudah mulai membaik. Salah satu strategi yang dilakukan Sandiaga dalam melaksanakan tugasnya adalah dengan melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Seperti mengajak anak-anak mereka belajar jarak jauh di tempat rekreasi sekitar domisili mereka. Menurut dia, sebuah industri harus melakukan efisiensi penggunaan sumber daya dan mengadopsi teknologi inovasi yang ramah lingkungan. Industri pariwisata yang berkelanjutan akan mementingkan kelestarian alam karena dibutuhkan dalam pembangunan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *