Promosi Pariwisata Indonesia Jalan Terus Di Tengah Pandemi

Written by Bong on December 21, 2020 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Menurut Sumarjaya yang populer dengan sapaan Demer, kembali dibukanya Bali untuk wisman dapat membantu memulihkan perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya, mata pencaharian sebagian besar masyarakat Togel Online Bali bergantung pada sektor pariwisata. Untuk itu pemerintah kolonial berusaha memberikan pelayanan kepada para wisatawan asing yang sedang melakukan perjalanan wisata termasuk akomodasi transportasi.

Untuk strategi dan langkah selanjutnya, pihaknya masih akan melihat perkembangan kondisi selanjutnya. I Nengah Putu, Ketua Organisasi Pemandu Selam Tulamben dan Ketua Harian Paguyuban Pengusaha Pariwisata Tulamben dan juga sekaligus Ketua SATGAS COVID-19 Desa Tulamben mengatakan pandemi COVID-19 sebagai pertanda untuk merehatkan alam. “Kita harus gerak cepat pulihkan sektor ini, gak bisa sendiri-sendiri. Harus garap semua potensi. Vaksinasi itu satu dari beberapa pilar. Jangan terlena, tetap harus disiplin terapkan three M dan 3T,” kata Sandiaga. Tapi sayangnya berwisata dalam suasana keramaian dan kerumunan seperti dulu tidak bebas lagi dilakukan , justru sekarang bisa menjadi situasi yang memicu ketakutan dan kecemasan bagi banyak orang ataupun wisatawan. Optimis dunia pariwisata Indonesia bangkit, berbagai pihak pun mulai berbenah diri, termasuk platform pemesanan tiket on-line. Selanjutnya, pengunjung ditempel stiker kecil kemudian diwajibkan mencuci tangan di berbagai tempat yang telah disediakan.

Daya saing yang positif terhadap pendatang saat ini diperlukan, sehingga masyarakat Bali mampu menghasilkan usaha yang laku dipasaran. Sementara itu, peluang usaha mikro kecil dan menengah disektor jasa, perdagangan, penyedia makanan dan minuman juga menarik para pendatang untuk mencoba peruntungannya. Tidak jarang kita menemukan banyak aneka usaha makanan dan minuman di Bali yang laris di pasaran, namun bukan merupakan makanan khas Bali dan sebagian pelaku usahanya pun berasal dari luar Bali.

This entry was posted in Paparan Topik and tagged CHSE, kebijakan sektor pariwisata, pandemi pariwisata, pembatasan perjalanan, Sertifikasi CHSE, wisata, wisata aman, wisata pandemi. Penerapan protokol kesehatan juga dilaksanakan oleh pengelola wisata Pule Mayung di wilayah Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk mengurangi kontak fisik dan menjaga jarak, dilakukan metode pembelian tiket dengan cara daring yang dapat dilakukan dari gawai masing-masing pengunjung. Selain itu, sebelum menuju pintu masuk disediakan lima wastafel baru untuk mencuci tangan kemudian petugas mengecek suhu tubuh pengunjung.

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah. Seseorang atau lebih yang melakukan perjalanan wisata serta melakukan kegiatan yang terkait dengan wisata disebut Wisatawan. Sejak Agustus 2020, pengguna Traveloka dapat memanfaatkan CleanAccommodation untuk memilih akomodasi yang telah memenuhi Protokol CHSE yang direkomendasikan WHO dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Demi menjaga eksistensi sektor pariwisata, berbagai regulasi dan kebijakan pun mulai diterapkan. “Ketika wisatawan lokal di bosan di rumahnya, selain staycation di hotel misalnya, dia bisa jalan-jalan ke desa wisata.

Bagaimana keadaan pariwisata Indonesia

Solidaritas antarsesama masyarakat Bali perlu ditingkatkan untuk saling membantu dalam membangun usaha. Masyarakat Bali diharapkan dapat lebih luas membuka mata terhadap setiap peluang usaha. Saatnya bangkit dan merealisasikan setiap potensi yang dimiliki Bali, dengan begitu masyarakat Bali tidak lagi menjadi pemeran utama dalam adat dan budaya Bali, tetapi juga menjadi pemeran utama roda perekonomian dalam pariwisata Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *