Perkembangan Pariwisata Indonesia Dan Keterlibatan Masyarakat

Written by Bong on January 2, 2021 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Sementara knowledge dari Indonesia National Air Carriers Association mengungkap bahwa per akhir Maret 2020, seluruh maskapai penerbangan telah mengurangi jumlah penerbangan, baik rute maupun frekuensinya, hingga 50% bahkan lebih. Salah satu industri yang benar-benar tergerogoti oleh ganasnya Covid-19 adalah pariwisata, termasuk di dalamnya maskapai penerbangan dan lodge. Dengan kondisi di mana sebagian besar penduduk dunia memangkas besar-besaran aktivitas di luar rumah, bisa dibayangkan bagaimana terjun bebasnya tingkat orang yang membeli tiket pesawat dan memesan kamar lodge.

Kunci dari kesuksesan sektor pariwisata adalah mengenali potensi wisata daerah. Tiap-tiap daerah di Indonesia telah dibekali keberagaman budaya maupun alam yang berbeda-beda, potensi budaya dan keindahan alam merupakan anugrah yang diberikan untuk bumi pertiwi. Baru-baru ini, Presiden Jokowi melakukan pergantian kabinet kementeriannya. Salah satunya ialah Sandiaga Uno yang kini menduduki kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama.

Pariwisata Indonesia

“Kalau travel hall itu dibuka dengan goal wisatawan mancanegara, maka akan sangat tergantung pada pembukaan border (perbatasan -red) atau izin dari pemerintah mereka. Sehingga kita harus menganalisis dari demand aspect (permintaan -red) juga,” ujarnya. Obyek wisata yang bisa dikunjungi juga tidak hanya di pulau utama, tetapi juga di pulau-pulau kecil karena Natuna merupakan kepulauan. Transportasi, lodge, kuliner dan suvenir tersedia dalam pilihan yang beragam.

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji literatur dari berbagai sumber, seperti berita di media massa, hasil penelitian yang relevan, dan kebijakan pemerintah. Analisis data dilakukan dengan kualitatif-interpretatif melihat pada perkembangan pariwisata dan fenomena kondisi pariwisata pada masa pandemi covid-19 ini di berbagai daerah wisata di Indonesia. Oleh karena itu dapat digambarkan mannequin pariwisata di era new regular ini yaitu, tourism habits, domestic tourist orientation, authorities policies, dan new tourism program. Dan, Pustaka Indonesia adalah platform Gerbang Digital Pariwisata Indonesia berbasis lokalitas dan komunitas.

Hamparan hutan tropis yang menyimpan ribuan spesies flora dan fauna menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia Internasional. Rimbunnya hutan tropis khas Indonesia dengan kanopi-kanopinya yang menjulang tinggi bak menyentuh langit yang tak kan bisa dijumpai di negara lain. Di bawah rimbunnya kanopi hutan iklim tropis Indonesia, terdapat berbagai macam jenis flora yang hanya ditemui di Indonesia seperti bunga anggrek. Ditambah lagi dengan uniknya hewan-hewan khas Indonesia seperti Bekantan, Orang Utan, Harimau Sumatra, Badak Jawa, dan Cendrawasih yang hanya dapat ditemui di hutan Indonesia. Tentunya itu semua mampu untuk menjadi magnet bagi para wisatawan internasional untuk mengunjungi Indonesia, menikmati kekayaan alam Indonesia.

Indeks daya saing ini terdiri dari four sub index, yakni Enabling Environment , Travel and Tourism Policy and Enabling Conditiong , Infrastruktur, dan Sumber Daya Alam dan Budaya. Empat sub-index ini kemudian memiliki 14 pilar lain, serta ninety indikator. Dan mesti sampai ke tingkat daerah tentunya, karena aktivitas pariwisata Deposit Pulsa Tanpa Potongan adanya di daerah/provinsi. Jika dirigent itu belum ada, ya… wajarlah masing-masing jalan sendiri (atau bahkan tidak jalan?) tidak sesuai dengan visi yang sering diwacanakan. Jika koridor perjalanan aman diterapkan, kata Ike, maka yang akan datang adalah wisatawan pelintas batas atau mereka yang datang dari negara tetangga terdekat.

Hal ini didasarkan pada musyawarah masyarakat, yang memutuskan untuk menutup kembali desa wisata tersebut hingga berakhirnya wabah Covid-19. Rizki menilai, sektor pariwisata tentu sangat tergantung pada arus kedatangan wisatawan khususnya wisatawan manca negara. “Dengan adanya pandemic covid 19 , tidak adanya wisatawan, akibatnya sektor pariwisata terpuruk,” ucapnya. Kebijakan pembatasan mobilitas dan kerumunan demi mengurangi penyebaran Covid-19 berdampak langsung pada sektor pariwisata. Sejak Covid-19 belum diumumkan sebagai pandemi world, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kemenparekraf mengeluarkan sertifikat CHSE untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap destinasi dan industri pariwisata Indonesia.

World Bank memprediksi ekonomi Indonesia akan positif 3,1 persen di 2021. Bahkan, IMF memperkirakan ekonomi akan tumbuh four,eight persen tahun ini dan 6 persen di 2022,” katanya. Kemeninfo juga telah menyiapkan peluncuran satelit komunikasi milik pemerintah dengan nama satelit Republik Indonesia yang peruntukannya seluruhnya untuk pelayanan public pemerintah. Nantinya seluruh area public akan dilayanai oleh sateli yang akan mengorbit di kwartal 4 tahun 2023.

Sejak memasuki awal kuartal ketiga, pegiat pariwisata sempat mulai bergairah dan optimistis pasca diterapkannya tatanan kenormalan baru . “Selain itu, kami juga telah mengalokasikan lebih dari 119 miliar untuk sertifikasi CHSE secara gratis dengan lembaga independen, yang ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sektor pariwisata,” tambahnya. Selain itu, Angela juga menjelaskan dari segi ketahanan industri pariwisata, fokus Kemenparekraf/Baparekraf saat ini adalah untuk peningkatan kualitas dari destinasi dan persiapan industri dalam adaptasi kenormalan baru serta pascapandemi COVID-19. Untuk mengembangkan potensi maupun fasilitas yang sudah ada, diakui perlu adanya inovasi dan terobosan baru untuk mengangkat pariwisata Indonesia menjadi lebih berkelas lagi, salah satunya lewat platform digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *