Ictm 2020 Kembalikan Kepercayaan Industri Pariwisata Untuk Berbisnis

Written by Bong on December 19, 2020 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Guntur menegaskan pariwisata halal tidak berbenturan dengan pariwisata pada umumnya. Namun pakar komunikasi dan manajemen krisis Universitas Brawijaya , Maulina Pia Wulandari, Ph.D justru menyarankan agar industri pariwisata jangan tergesa-gesa untuk beroperasi kembali di masa pemberlakuan new normal life. Untuk itu, jika pandemi COVID-19 sudah berakhir, pihaknya akan menggenjot jumlah wisatawan domestik. Pemerintah nekat mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN untuk bahan pokok seperti beras dan sembako lainnya.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Jika pembangunan dikonsentrasikan ke tempat wisata, hal ini berpotensi sekali menambah peningkatan asli daerah melalui sektor pariwisata. Karena itu, para pemangku kepentingan sektor pariwisata harus kreatif untuk menarik wisatawan domestik.” Rerie, panggilan akrabnya, menyatakan industri pariwisata harus bangkit karena akan berdampak pada penguatan perekonomian nasional. Wisata juga berpotensi meningkatkan harapan dan semangat dalam menghadapi tantangan bangsa.

“Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki KEK terbanyak di Indonesia. Kita punya digital hub dari Batam ke berbagai wilayah yang terkoneksi dengan IT. KEK di kawasan ini bisa jadi pilot plan dan mercusuar bagi digital ekonomi di indonesia,” tutur Airlangga. Belum maksimalnya jumlah nasabah financial institution syariah juga mengindikasikan potensi luasnya pasar perbankan syariah di negeri ini yang belum tergarap. Di sisi lain, Indonesia juga memiliki potensi dari sisi industri halal sebesar Rp 6.546 triliun dan aset bank syariah di Indonesia hanya sekitar Rp591 triliun.

Dengan hadir­nya kesenian tersebut tentunya dapat menambah nilai bagi objek wisata itu sendiri. Begitu juga dengan ada­nya objek wisata, produk indus­tri kreatif semakin laku karena ba­nyaknya pengunjung yang datang. Memanfaatkan pariwisata seba­gai instrumen mengge­rakan pereko­nomian dapat di optimalkan sebaik mungkin guna mengatasi kesen­jangan sosial. Sektor pariwisata diya­kini berpotensi menyentuh atau menumbuhkan kegiatan ekonomi lainnya . Maka dari itu industri kreatif adalah salah satu yang di untungkan dari hadir­nya pariwisata di suatu daerah. Sehingga industri kreatif dapat dioptimalkan di tengah-tengah ma­syarakat sebagai mata pencaharian.

“Saya pikir kita bisa memiliki masa depan yang sangat seru di industri pariwisata, jika kita fokus pada jenis pariwisata berbasis budaya ini,” ujar dia. Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan di Indonesia masih banyak spot-spot wisata yang belum dimanfaatkan potensinya. Sejatinya, sektor pariwisata bisa menyejahterakan rakyat dan memastikan keberlanjutan ekonomi. ‌Upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif perlu ditunjang oleh berbagai pihak, agar dapat berjalan dengan baik. Rekomendasi tujuh strategi di atas adalah wujud dari harapan agar pariwisata Indonesia bisa segera bangkit di tengah pandemi ini. Terobosan/inovasi baru pelaku industri pariwisata sangat diperlukan dan kecepatan implementasi adalah kunci dari kemenangan kita dalam pertarungan melawan Covid-19 ini.

Membuat pesta penyambutan atau acara pribadi yang ditujukan untuk mengintegrasikan penduduk lokal dengan wisatawan dapat membuktikan manfaat sosial dan finansial. Kultur yang berbeda dari para pelancong atau wisatawan telah menciptakan peluang bagi individu-individu dari semua lapisan masyarakat dengan sejumlah besar ide berbeda untuk diuangkan di pasar yang terus berkembang. Seiring perjalanan menjadi lebih mudah diakses, permintaan untuk bisnis lokal telah tumbuh secara eksponensial. “Jadi memang jika program ini benar-benar dijalankan dengan baik di bawah koordinasi Kemenkomarves akan memberi dampak positif bagi Bali yang perekonomiannya sangat mengandalkan pariwisata,” tutur Raka. Sehubungan dengan prinsip pengembangan Desa Wisata, beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah aspek produk, Sumberdaya Manusia Manajemen dan Kelembagaan, Promosi dan Pemasaran serta investasi. Memanfaatkan pariwisata seoptimal mungkin sebagai agen penyumbang tradisi budaya dengan dampak seminimal mungkin.

Seluruh pihak terkait juga disarankan melakukan uji coba protokol kesehatan terlebih dulu sebelum kegiatan wisata kembali dimulai. Protokol jaga jarak, penggunaan masker, dan penyediaan sanitasi yang baik harus dijamin penerapannya. Objek wisata alam akan dikedepankan untuk menjadi tujuan turis, karena pelancong diprediksi sulit jika harus menikmati wisata budaya seperti upacara adat atau pementasan tari tradisional.

Para investor yang ingin mendirikan hotel-hotel di wilayah ini (dan juga hotel-hotel yang sudah ada) perlu memunculkan konsep yang asli dan kreatif untuk menjadi pemimpin pasar. Kini industri pariwisata harus menyiapkan diri untuk kembali menyusun strategi menuju kebangkitan industri di tahun 2030. Namun kamu bisa pertimbangkan untuk melakukan pemesanan di properti kesukaanmu jika kamu ingin membantu mereka kembali berbisnis setelah virus corona berakhir. Kamu menyukai hotel mewah tertentu di tujuan kesukaanmu, atau kamu memiliki kenangan yang indah dari penginapan bed-n-breakfast di kota lain. Beberapa hotel seperti Hilton dan Marriott juga mengumumkan bahwa saat ini mereka memiliki kebijakan yang sama untuk perjalanan yang dipesan. Pejalan kaki yang mengenakan masker untuk mencegah virus corona, berfoto selfie di antara pohon bunga yang mekar di distrik Yeouido, Seoul, 5 April 2020.

Empat insentif tersebut adalah relaksasi restitusi PPN dipercepat selama 3 bulan, relaksasi PPh Pasal 22 Impor selama 3 bulan, pengurangan PPh Pasal 25 sebesar 25%-50%, dan relaksasi PPh Pasal 21. “Perjalanan dan pariwisata menyumbang lebih dari 55 Daftar Togel Online persen ekspor sektor jasa Indonesia,” kata Guevara sebagaimana dilansir TTR Weekly belum lama ini. Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua sangat berpotensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *