Dorong Pemulihan Pariwisata, Kemenparekraf Gelontorkan Rp 60 Miliar

Written by Bong on January 2, 2021 in Pariwisata Indonesia saat Pandemi with no comments.

Upaya pengembangan pariwisata pada dasarnya melibatkan berbagai pihak yang berada dalam kewenangan multi sektor, seperti perhubungan, pekerjaan umum, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, dsb. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, pada akhir tahun 2017 juga memenangkan The DIVE Magazine’s 2017 Travel Awards. Majalah pariwisata dunia DIVE yang berbasis di London, Inggris, telah memilih Indonesia sebagai destinasi wisata selam terbaik dunia , dua tahun berturut-turut. Selain itu, Indonesia juga meraih penghargaan untuk kategori Best Drive Centre or Resort di Siladen Resort and Spa, Bunaken, Sulawesi Utara. Tahap kedua adalah pemulihan, yaitu identifikasi dampak secara detail akibat wabah Covid-19, yang diikuti dengan pengaktifan kembali kegiatan publikasi dan promosi maupun agenda pariwisata yang sempat tertunda. Tahap pemulihan ini akan dilakukan setelah pandemi Covid-19 dinyatakan selesai oleh pemerintah pusat.

Pengusaha pariwisata dapat mempekerjakan tenaga kerja ahli warga negara asing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Seharusnya, regulator mengimbangi penyiapan masyarakat dengan ketersediaan objek wisata serta perangkat aturan yang berpihak pada pengembangan industri pariwisata, sebaga industri, “gabungan produk yang nyata dan tidak berwujud”. Pesona tempat wisata di Indonesia ini mulai banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada empat pulau utama di sini, yaitu Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.

Sebagai salah satu contoh, Indonesia memiliki biodiversity anggrek terbesar di dunia (6.000 jenis anggrek), dari yang terbesar seperti Anggrek Macan sampai yang terkecil, termasuk anggrek hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Masing-masing jenama memiliki logotype dan logogram yang tidak dapat dipisahkan dalam penggunaannya. Logotype pertama, pesona indonesia, dibuat untuk konsumsi dalam negeri; sedangkan logotype kedua, fantastic Togel Online indonesia, dibuat untuk konsumsi dalam dan luar negeri. Kedua jenama di atas memiliki logogram yang sama, yakni berupa beberapa tarikan kuas dalam lima warna, dan jenis huruf yang sama, yakni Signika. Terakhir dari daftar ini adalah Labuan Bajo yang pamornya semakin melejit, tidak hanya bagi turis domestik tetapi juga mancanegara.

Pariwisata Indonesia

Pantai Paal dan Pantai Pulisan menjadi dua kawasan pusat KEK Pariwisata Likupang. Kini pembangunan Likupang terus dimaksimalkan sehingga diharapkan bisa menyamai Bunaken yang selama ini menjadi ikon Sulawesi Utara. Ketua Umum GIPI Didien Junaedi menyatakan siap mendukung Kemenparekraf untuk mewujudkan program-program kebangkitan pariwisata nasional. Terlebih lagi, GIPI sebagai induk seluruh organisasi pariwisata Indonesia memiliki jaringan yang luas dari hulu hingga hilir untuk mempercepat kolaborasi.

Karena harus cepat dan banyak maka perlu melakukan optimasi dalam proses yang sesuai standar. Selain itu merangkul masyarakat untuk jangkauan yang lebih luas,” tuturnya. Kebangkitan pariwisata adalah sinyal kebangkitan Indonesia yang mampu bertahan, mengambil peluang, dan menang dengan terus beradaptasi disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Presiden Joko Widodo pun melihat potensi besar pada pariwisata dan sektor industri yang terkaitnya. Pada akhirnya kemudian, Kabid Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 Sonny Harry B. Harmadi mengemukakan, industri pariwisata telah dipersiapkan untuk menerima kunjungan wisatawan. Gagasan Wisata Virtual saat ini telah mulai dan terus dikembangkan oleh berbagai pihak, seperti kemenparekraf, pemda, serta masyarakat. Konten dalam Wisata Virtual ini pun sangat beragam, mulai dari panorama alam, museum, pentas dan pagelaran seni, budaya adat, hingga suasana kehidupan metropolitan di Indonesia yang tersedia dalam bentuk gambar dan video. Harapannya, keberadaan tur wisata digital dapat membuat calon wisatawan merasa seperti berada di destinasi dimana mereka inginkan.

Sektor ini diharapkan bisa jadi leading sector dan sekaligus mampu menggerakkan sektor industri lainnya. Pemerintah dan Pemerintah Daerah mendorong penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di bidang kepariwisataan sesuai dengan rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Namun, pembangunan kepariwisataan harus tetap memperhatikan jumlah penduduk.

Ketentuan lebih lanjut mengenai tata kerja, mekanisme, dan hubungan koordinasi strategis lintas sektor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 dan Pasal 34 diatur dengan Peraturan Presiden. Wisatawan yang memiliki keterbatasan fisik, anak-anak, dan lanjut usia berhak mendapatkan fasilitas khusus sesuai dengan kebutuhannya. Kawasan strategis pariwisata dikembangkan untuk berpartisipasi dalam terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *